Rabu, 13 Februari 2013

PROPOSAL PONDOK RAMADHAN



PROPOSAL
PONDOK RAMADHAN

TAHUN 1432 H / 2011









SDN SUKOWIDI 2
KECAMATAN PANEKAN
KABUPATEN MAGETAN

AGUSTUS 2011



KATA PENGANTAR


Piji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayahNYA Kepada kitya , sehingga kita masih diberi kekuatan iman dan islam sertas dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari . Sholawat serta salam semoga tetap dilimpahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW .
Dalam rangka menambah keimanan  dan ketakwaan kita semua ,di bulan suci Ramadhan ini siswa - siswi anak didik kita melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan di tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Panekan . Kegiatan ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan serta arahan dari semua pihak antara lain :
1.      Bapak Kepala UPTD Penidikan Kecamatan Panekan .
2.      Bapak Pengawas TK / SD Kecamatan Panekan .
3.      Bapak Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Panekan .
4.      Semua pihak yang tida dapat kita sebutkan satu per satu .
Kepada beliau- beliau kami sampaikan banyak terima kasih  .
Proposal ini sengaja kami sampaikan agar dapat menjadi pedoman dan gambaran seputar kegiatan Pondok Ramadhan 1433 H. Yang nantinya di laksanakan di setiap Sekolah Dasar  se Kecamatan Panekan . Harapan kami dengan adanya Proposal ini kegiatan yang dimaksud dapat berjalan sesuai dengan rencana dan mencapai sasaran yang dimaksud .
Akhirnya dengan bacaan Bismillaahirrohmannirrohim mudah mudahan terjalin kerjasama dan koordinasi yang tepat serta bantuan dari semua pihak sangat diharapkan .
Panekan 24 Agustus 2011
Penyusun 

 


MOTTO:






لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا


“ Sesungguhnya tela ada pula pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) orang – orang yang mengharap rahmat Allah dan (Kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah . ( Al Qur’an, Al Ahzab : 21 )”.








انماالأمم الاخلاق ما بقيت فإن هموذهب اخلاقهم ذهبو [احمدشوقى بى]


“ Bangsa itu masih bias bertahan selama mereka masih memiliki akhlak . Bila akhlak telah lenyapdari mereka , merekapun akan lenyap pula . ( Syair, Syauqy Bey)









 
      







                1. Departemen Agam RI,  Al Qur’an dan terjemahannya, pelita, Jakarta. 1982, hal. 670 .
                2. Humaidi Tatapangarsa, Pengantar Kuliah Akhlak, Bina Ilmu, Surabaya, 1979 hal. 15.




LOGO SDN SUKOWIDI 2PONDOK RAMADHAN 14312H / 2011 M.
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOWIDI 2
KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN

                                                                    
PROPOSAL
                                 

I.                   LATAR BELAKANG

               Masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat mendasarkan dalam kehidupan maupun perkembangan bagi umat manusian, karena keberhasilan suatu pendidikan merupakan pertanda suatu bangsa itu maju  dan berkembang . Karena dengan majunya pendidikan akan mencerminkan kemajuan dan kepribadian suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan masyarakat dewasa ini sangat pesat, baik dalam segi kemajuan ilmu teknologi maupun informasi, kami mempunyai suatu keyakinan  bahwa suatu perkembangan dan kemajuan  Negara membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan cakap dari masyarakat terutama kecakapan berkarya serta sumber daya manusia yuang terlatih dan terdidik.
Suatu kecakapan itu akan berkembang dengan baik apabila seiring dan seimbang dengan akhlakul kharimah yaitu manusia yang beriman  dan bertakwa. Sehingga generasi bangsa sebagai sebagai jawaban nasib bangsa yang akan datang diharapkan generasi yang beriman dan bertakwa  (IMTAK) dan berilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan tujuan pendidikan nasional yang membangun manusdia Indonesia seutuhnya baik materiil maupun spiritual.
Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut maka salah satu upaya kegiatan belajar mwengajar di sekolah selama bulan suci Ramadhan diadakan kegiatan peningkatan ketakwaan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diberi nama “Pondok Ramadhan” yang mengandung nilai-nilai positif guna memberi bekal terhadap anak bangsa, agar menjadi insan-insan pembangunan yang senantiasa bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu teknologi dan  mampu menjawab tantangan di masa yang akan datang dan menjadi tumpuan harapan bangsa .
               Sebagai pelaksanaan nyata pemikiran  di atas maka di bulan suci Ramadhan ini sangat perlu dilakukan kegiatan yang bertujuan membangun manusia Indonesia sutuhnya sebagaimana tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam GBHN yaitu kegiatan Pondok Ramadhan, yang sebenarnya pelaksanaan dari pada nilai-nilai kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya pada bulan suci Ramadhan saja, namun dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di sekolah setiap saat. Sehingga setelah pelaksanaan Pondok Ramadhan diharapkan terwujud anak didik yang berkwalitas,bertakwa dan diridhoi Allah SWT, berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

II.                DASAR PEMIKIRAN

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pembekalan  diri agar mampu menentukan berbagai pilihan nilai yang sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku pada manusia yang beragama. Adapun dasar pemikiran kegiatan ini adalah

1.      Firman Allah SWT , dalam Al Qur’an surat Al Baqarah : 183 .

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
       Artinya : “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu , agar kamu menjadi orang yang bertakwa”.

2.      Firman Allah SWT , dalam Al Qur’an surat An Nisa : 9 .

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا

       Artinya :  “Dan hendaklah takut kepada Allah, orang yang seandainya  meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah yang khawatir terhadap  (kesejahteraan) mereka . Oleh karena itu hendaklah mereka bertakwa  kepada Allah dan tunduklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.

3.      Tujuan Pendidikan Nasional .
      Bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa berbudipekerti yang luhur, memiliki pengetahan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan .

III.             MAKSUD DAN TUJUAN
Pondok Ramadhan 1432 H / 2011 M bertujuan :
1.      Mewujudkan generasi didik yang beriman dan bertakwa .
2.      Berkepribadian, bermoral, dan berperilaku yang sesuai dengan norma agama .
3.      Menjadi generasi yang menguasai IPTEK dan IMTAK
4.      Menjadi umat yang selamat di dunia dan akhirat .

IV.             NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatannya adalah : Pondok Ramadhan 1432 H / 2011 M” dengan Tema “Dengan Puasa Kita Belajar Jujur dan Disiplin

V.                TIPE YANG DIGUNAKAN
-          Di SDN Sukowidi 2 adalah Tipe A

VI.             WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Pondok Ramadhan Insya Allah dilaksanakan pada :
-          Hari          : Senin s/d Rabu .
-          Tanggal    : 08 s.d. 10 Agustus 2011
-          Tempat     : SDN Sukowidi 2 Kecamatan Panekan
-          Waktu      : Siang dan malam

VII.          PESERTA
 
No.
Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
Keterangan
Laki-laki
Perempuan
1.
Kelas III
06
07
13

2.
Kelas IV
09
07
16

3.
Kelas V
07
07
14

4.
Kelas VI
04
13
17



26
34
60









VIII.       BENTUK KEGIATAN ANTARA LAIN
Tipe A       : Sholat Duha - Kajian Keagamaan – Sholat lima waktu – Sholat Taraweh – Tadarus – sholat malam – Sahur dan buka bersama – Jamaah Sholat Subuh – Olah Raga pagi dan lomba .

IX.             KEPANITIAAN
Susunan Kepanitiaan Pondok Ramadhan 1432 H / 2011 M terlampir data SK dari pihak sekolah

X.                SUMBER DANA
1.      Kas Sekolah .
2.      Infaq Peserta Pondok Ramadhan .
3.      Sumbangan Sukarela .

XI.             PENUTUP
Kegiatan Pondok Ramadhan tahu 1432 H / 2011 M ini tidak akan berjalan lancar sesuai tujuan bila tidak ada kerjasama dari berbagai pihak , baik pihak yang bersangkutan yaitu anak didik maupun pihak instansi yang terkait, oleh sebab itu kami mengharap bantuan dan kerjasama Bapak / Ibu. Atas perhatian dan segala bantuannya kami samp[aikan banyak terima kasih semoga kegiatan ini dicatat sebagai amal yang sholeh , dan diterima oleh Allah SWT. Amin .



                                     Sukowidi, 04Agustus 2011
        Panitia Pondok Ramadhan SDN Sukowidi                      Ketua                                                                   Sekretaris


 SUCIPTO.                                                SARBINI, SPd.
        NIP -                                                        NIP 19670415 199202 1 002 

Mengetahui
Kepala Sekolah


ENDANG SETYOWATI, SPd. SD
NIP 19580610 197907 2 002

                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar