S I L A B U S
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOWIDI 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Tahun
Ajaran : 2010 -
2011
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. Mengartikan Alquran surat pendek pilihan
|
1.1. Membaca Q.S. Al Qadr dan Q.S. Al‘Alaq:
1-5
1.2.
Mengartikan Q.S. Al Qadr dan Q.S. Al‘Alaq: 1-5
|
Surat
Al Qadr dan Surat Al ‘Alaq
|
Ø Dengan berdi-alog dan ber-diskusi, siswa
diajak untuk memahami surat surat Al Qadr dan Al ‘Alaq
Ø Dengan meto-de inkuiri, me-lalui
contoh-contoh potong-an lafal ayat siswa diajak membaca su-rat surat Al Qadr
dan Al ‘Alaq
Ø Dengan berdis-kusi siswa dia-jak memahami
surat surat Al Qadr dan Al ‘Alaq
Ø Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal
ten-tang surat su-rat Al Qadr dan Al ‘Alaq
|
1.1.1
Melafalkan
baca-an Q.S. Al Qadr
1.1.2
Melafalkan
Q.S. Al‘Alaq: 1-5
1.2.1
Melafalkan
baca-an Q.S. Al Qadr
1.2.2
Melafalkan
Q.S. Al‘Alaq: 1-5
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
-
Tes Tertulis
-
Uraian
|
8 x
35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
-
Buku referen-si lain
-
LKI
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Tahun
Ajaran : 2010 -
2011
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
2 Meyakini adanya
hari akhir
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama hari akhir
2.2
Menjelaskan
tanda-tanda hari akhir
|
Iman kepada Hari Akhir
|
Ø Dengan
berdi-alog dan berdis-kusi, siswa dia-jak untuk me-mahami hari akhir
Ø Dengan metode
inkuiri, melalui contoh-contoh soal siswa dia-jak mempelajari hari kiamat
Ø Dengan berdis-kusi
siswa dia-jak menyebut-kan tanda-tan-da hari kiamat
Ø
Siswa menger-jakan tugas lati-han soal-soal
tentang hari kiamat
|
2.1.1
Menyebutkan
pe-ngertian hari akhir
2.1.2
Menyebutkan ma-cam-macam hari kiamat
2.1.1 Menyebutkan
tan-da-tanda datang-nya hari kiamat
2.1.2
Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
-
Tes Tertulis
-
Uraian
|
6 x 35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
-
Buku referen-si lain
-
LKS Sekar
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Tahun
Ajaran : 2010 -
2011
Standar Kompetensi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
3
Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan
Musailamah Al Kazab
|
3.1
Menceritakan
perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2
Menceritakan
perilaku Musailamah Al Kazab
|
Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah
Al Kazab
|
Ø
Dengan berdialog dan
berdiskusi, siswa diajak untuk mema-hami cerita Abu lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
Ø Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang cerita Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al
Kazzab
|
3.1.1
Menceritakan
kisah kisah Abu Lahab
3.1.1
Menceritakan
kisah Abu Jahal
3.1.1
Menceritakan
kisah Musaila-mah Al Kazab
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
-
Tes Tertulis
-
Uraian
|
8 x 35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
-
Buku referen-si lain
-
LKS Sekar
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Tahun
Ajaran : 2010 -
2011
Standar Kompetensi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
4
Menghindari perilaku tercela
|
4.1
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
5.1
Menghindari
perilaku bohong seperti Musailamah Al Kazab
|
Perilaku Tercela Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah
Al-Kazab
|
Ø
Dengan berdialog dan
berdiskusi, siswa diajak untuk menyebutkan beberapa perilaku tercela Abu
Jahal, Abu Lahab, dan Musailamah Al Kazab
Ø Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perilaku
tercela Abu Jahal, Abu Lahab, dan Musailamah Al Kazab
|
4.1.1
Menceritakan perilaku dengki seperti Abu
Lahab dan Abu Jahal
4.2.1
Menceritakan perilaku dusta Musailamah Al
Kazab
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
-
Tes Tertulis
-
Uraian
|
8 x 35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
-
Buku referen-si lain
-
LKS Sekar
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Tahun
Ajaran : 2010 -
2011
Standar
Kompetensi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadan
|
5.1
Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadan
5.1
Melaksanakan
tadarus Alquran
|
Keutamaan bulan
Ramadan
|
ØDengan berdialog dan berdiskusi, siswa diaj-ak untuk memahami beberapa amalan su-nah di bulan Ramadan
ØDengan metode inkui-ri, melalui contoh-contoh amalan sunah
siswa diajak mem-praktikkan dan mem-biasakan mengamal-kan amalan sunah di
bulan Ramadan
ØDengan berdiskusi siswa diajak mema-hami cara melaksa-nakan
amalan-amalan sunah dengan benar
ØSiswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang amalan sunah
di bulan Ramadan
|
5.1
Menyebutkan
definisi salat tarawih
5.1
Menyebutkan
beberapa ketentuan salat tarawih
5.1
Melaksanakan
salat witir
5.1
Menyebutkan
beberapa ketentuan salat witir
5.1
Membiasakan
tadarus Alquran
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
- Tes Tertulis
- Uraian
|
6 x 35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
- Buku referen-si
lain
- LKS Sekar
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
----------------------------------
NIP
|
Magetan…………………..2010
Guru PAI
------------------------------------
NIP
|
2.1.3
Menyebutkan
pe-ngertian hari akhir
2.1.4
Menyebutkan ma-cam-macam hari kiamat
5.1.1 Menyebutkan
tan-da-tanda datang-nya hari kiamat
5.1.2
Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
|
Jenis:
-
Kuis
-
Tugas Individu
-
Tugas Kelompok
-
Ulangan
Bentuk Instrumen:
-
Tes Tertulis
PG
-
Tes Tertulis
-
Uraian
|
6 x 35’
|
Sumber:
-
Buku Paket
-
Buku referen-si lain
-
LKS Sekar
|
thetitanium oxide recipe - TITIAN RACING
BalasHapusthetitanium oxide is titanium alloy nier a chemical that is used in building a dishwasher, garmin fenix 6x pro solar titanium The titanium oxide titanium white octane blueprint is commonly used ford escape titanium for sale for titanium earring posts home-cooked food.