Sabtu, 31 Agustus 2013

S I L A B U S


S I L A B U S

Satuan Pendidikan            :    SDN SUKOWIDI 2                                               
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  :    VI/1                                                                           
Tahun Ajaran                     :    2010 - 2011

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.   Mengartikan Alquran surat pendek pilihan
1.1. Membaca Q.S. Al Qadr dan Q.S. Al‘Alaq: 1-5
1.2.  Mengartikan Q.S. Al Qadr dan Q.S. Al‘Alaq: 1-5

Surat Al Qadr  dan Surat Al ‘Alaq
Ø  Dengan berdi-alog dan ber-diskusi, siswa diajak untuk memahami surat surat Al Qadr dan Al ‘Alaq
Ø  Dengan meto-de inkuiri, me-lalui contoh-contoh potong-an lafal ayat siswa diajak membaca su-rat surat Al Qadr dan Al ‘Alaq
Ø  Dengan berdis-kusi siswa dia-jak memahami surat surat Al Qadr dan Al ‘Alaq
Ø  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal ten-tang surat su-rat Al Qadr dan Al ‘Alaq
1.1.1       Melafalkan baca-an Q.S. Al Qadr
1.1.2       Melafalkan Q.S. Al‘Alaq: 1-5
1.2.1        Melafalkan baca-an Q.S. Al Qadr
1.2.2       Melafalkan Q.S. Al‘Alaq: 1-5

Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
8  x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKI




Satuan Pendidikan            :    SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN                                   
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  :    VI/1                                                                           
Tahun Ajaran                     :    2010 - 2011

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
2     Meyakini adanya hari akhir
2.1     Menyebutkan nama-nama hari akhir
2.2     Menjelaskan tanda-tanda hari akhir









Iman kepada Hari Akhir

Ø  Dengan berdi-alog dan berdis-kusi, siswa dia-jak untuk me-mahami hari akhir
Ø  Dengan metode inkuiri, melalui contoh-contoh soal siswa dia-jak mempelajari  hari kiamat
Ø  Dengan berdis-kusi siswa dia-jak menyebut-kan tanda-tan-da hari kiamat
Ø  Siswa menger-jakan tugas lati-han soal-soal tentang hari kiamat
2.1.1     Menyebutkan pe-ngertian hari akhir
2.1.2     Menyebutkan ma-cam-macam hari kiamat
2.1.1     Menyebutkan tan-da-tanda datang-nya hari kiamat
2.1.2     Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
6 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar



Satuan Pendidikan            :    SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN                                   
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  :    VI/1                                                                           
Tahun Ajaran                     :    2010 - 2011

Standar Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3    Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazab
3.1              Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2              Menceritakan perilaku Musailamah Al Kazab

Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazab

Ø  Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak untuk mema-hami cerita Abu lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
Ø  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang cerita Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
3.1.1        Menceritakan kisah kisah Abu Lahab
3.1.1        Menceritakan kisah Abu Jahal
3.1.1        Menceritakan kisah Musaila-mah Al Kazab

Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
8 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


 
Satuan Pendidikan            :    SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN                                      
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  :    VI/1                                                                           
Tahun Ajaran                     :    2010 - 2011


Standar Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
4   Menghindari perilaku tercela
4.1  Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
5.1     Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kazab


Perilaku Tercela Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al-Kazab
Ø  Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak untuk menyebutkan beberapa perilaku tercela Abu Jahal, Abu Lahab, dan Musailamah Al Kazab
Ø Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perilaku tercela Abu Jahal, Abu Lahab, dan Musailamah Al Kazab
4.1.1        Menceritakan perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2.1        Menceritakan perilaku dusta Musailamah Al Kazab

Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
8 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


 
Satuan Pendidikan            :    SDN SUKOWIDI 2 PANEKAN                         
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  :    VI/1                                                                           
Tahun Ajaran                     :    2010 - 2011

Standar Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadan
5.1                Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan
5.1              Melaksanakan tadarus Alquran

Keutamaan  bulan Ramadan
ØDengan berdialog dan berdiskusi, siswa diaj-ak untuk memahami beberapa amalan su-nah di bulan Ramadan
ØDengan metode inkui-ri, melalui contoh-contoh amalan sunah siswa diajak mem-praktikkan dan mem-biasakan mengamal-kan amalan sunah di bulan Ramadan
ØDengan berdiskusi siswa diajak mema-hami cara melaksa-nakan amalan-amalan sunah dengan benar
ØSiswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang amalan sunah di bulan Ramadan
5.1              Menyebutkan definisi salat tarawih
5.1  Menyebutkan beberapa ketentuan salat tarawih
5.1  Melaksanakan salat witir
5.1  Menyebutkan beberapa ketentuan salat witir
5.1  Membiasakan tadarus Alquran
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
6 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar



                                                                                            
Mengetahui
Kepala Sekolah



----------------------------------
                                                  NIP
Magetan…………………..2010
Guru PAI



------------------------------------
                                               NIP  












2.1.3     Menyebutkan pe-ngertian hari akhir
2.1.4     Menyebutkan ma-cam-macam hari kiamat
5.1.1     Menyebutkan tan-da-tanda datang-nya hari kiamat
5.1.2     Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis
-  Uraian
6 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


1 komentar:

  1. thetitanium oxide recipe - TITIAN RACING
    thetitanium oxide is titanium alloy nier a chemical that is used in building a dishwasher, garmin fenix 6x pro solar titanium The titanium oxide titanium white octane blueprint is commonly used ford escape titanium for sale for titanium earring posts home-cooked food.

    BalasHapus